Membuat Keripik Pisang Balado Super Renyah, Ini Resep Rahasianya


Keripik pisang versi dulu hanyalah mempunyai 2 macam rasa, yaitu asin dan manis. Seiring perkembangan kreativitas dunia kuliner, bermuncullah aneka rasa lain untuk keripik pisang ini. Yang sedang naik daun saat ini adalah keripik pisang rasa balado.

Proses membuatnya sangatlah mudah. Kita tinggal membeli bumbu tabur rasa balado di toko-toko bahan kue, untuk kemudian kita campur aduk ke keripik. Merupakan inovasi yang menguntungkan bukan? Mengingat harga bumbu tabur ini cukuplah murah.

Beberapa kalangan tidak menyukai keripik pisang yang biasa-biasa saja. Terlebih keripik pisang yang terasa keras, padahal di kemasan sudah tertulis "Lebih renyah dan gurih". Bagi produsen yang memproduksinya, ini merupakan langkah "skak mat" yang dapat membunuh pemasaran. Sehingga susah untuk berkembang ke depannya karena kehilangan pelanggan.

Untuk dapat membuat keripik pisang yang sangat renyah, tidak keras, renyah menyerupai kerupuk, ada tipsnya. Tips ini sayang banget untuk dilewatkan. Khusus pisang raja dan kepok yang jika tidak memakai tips ini, keripik pisang hasil nantinya terasa keras. Oke, tips kita bahas sejalan dengan proses cara pembuatannya di bawah ini.

Bahan-bahan:
  • Pisang mentah 1 cengkeh berisi sekitar 20 buah pisang
  • 2 sdt kapur sirih
  • 3 liter air bersih
  • 2-3 liter minyak goreng
  • Bumbu tabur perasa balado
Cara membuat:
  1. Terlebih dahulu kita buat air rendaman kapur sirihnya. Masukkan 2 sdt kapur sirih ke dalam gelas belimbing, tuangkan air bersih hingga penuh, aduk sampai rata, diamkan sampai lebih dari 1 jam hingga terbentuk endapan sempurna kapur sirih di bagian bawah dan bagian atas adalah air bening. Air bening inilah yang kita sebut sebagai air kapur sirih, kita akan pakai di langkah nomor 3 di bawah.
  2. Sembari menunggu endapan kapur sirih selama 1 jam lebih, kupas kulit pisang, singkirkan kulitnya dan masukkan pisang ke dalam bak berisi air. Lakukan terus hingga habis.
  3. Siapkan air bersih 3 liter di bak/baskom besar, tambahkan air kapur sirih. Aduk rata.
  4. Iris-iris pisang menggunakan alat pasahan sesuai selera Anda, tepat di atas air 3 liter + air kapur sirih. Lakukan sampai habis.
  5. Setelah semua pisang habis diiris, diamkan di dalam rendaman air + air kapur sirih sekitar 30 menit.
  6. Nyalakan kompor dengan api besar, panaskan minyak.
  7. Goreng irisan pisang hingga matang, tanda sudah menjadi keripik matang: mengambang, dan terasa agak keras saat digoreng-goreng.
  8. Angkat dan tiriskan.
  9. Masukkan keripik pisang yang hampir dingin (masih sedikit hangat) ke dalam toples yang bisa ditutup. Taburi dengan bumbu tabur balado sesuai takaran yang tersedia di kemasan bumbu tabur. Tutupi toplesnya, dan kocok hingga bumbu merata.
  10. Selesai, dan siap dinikmati.
Bagaimana? Sudah mendapat tips supaya keripik pisang terasa lebih renyah? Ya benar, air kapur sirih itulah kunci rahasianya. Selain membuat keripik pisang terasa renyah, juga membuat lebih terasa enak aroma pisangnya.

Dengan adanya tips dari kami, semoga dapat berguna bagi Anda yang ingin mendalami usaha keripik pisang dengan rasa unik balado yang lebih enak.

2 Komentar