Resep Membuat Telur Asin Rasa Jahe Wangi Pedas

Resep Membuat Telur Asin Rasa Jahe Wangi Pedas

Tujuan dibuatnya telur asin adalah supaya telur mempunyai daya simpan yang lebih lama, daripada sekedar dikukus biasa. Daya simpan telur asin adalah sanggup hingga satu bulan sebelum dikonsumsi.

Telur asin umumnya dibuat dari telur bebek, bukan telur yang lain. Dikarenakan tekstur kulit telur bebek yang berpori-pori besar, memudahkan untuk penambahan rasa dari luar.

Telur asin rasanya enak, terutama bagian kuningnya yang mempur. Namun untuk menghindari bosan dengan rasa yang itu-itu saja, hanya rasa asin, boleh dong kita mencoba rasa lainnya.

Wah, resep membuat telur asin rasa jahe wangi pedas, kedengarannya menarik nih untuk dipraktekin. Yuk kita simak step-by-step cara membuatnya.


Bahan:
  • 20 telur bebek mentah, boleh kurang
  • 500 gr garam, boleh garam krosok, kotak kasar, ataupun halus
  • 6 siung bawang putih
  • 7 buah cabe merah besar
  • Jahe sekira 5 cm, geprek
  • 2 liter air
Alat: Toples yang bisa ditutup rapat


Cara membuat:
  1. Rendam telur di dalam air bersih/tawar untuk memeriksa baik/buruknya.
  2. Apabila ada telur mengapung, singkirkan, tidak layak untuk dijadikan telur asin.
  3. Bersihkan telur dengan sabut kelapa atupun spons sampai bersih.
  4. Tiriskan telur hingga kering, lalu gosok dengan amplas, supaya pori-pori kulit telur terbuka lebih lebar. Langkah ini boleh di-skip apabila butuh lebih cepat, tapi lebih baik dilakukan.
  5. Taruh dan tata telur ke dalam toples dengan rapi. Sisihkan.
  6. Sekarang kita buat larutan perasa asin + jahe wangi pedasnya. Haluskan garam, cabe merah dan bawang putih, masukkan ke dalam air 2 liter di wadah lain, aduk dan tambahkan jahe yang sudah digeprek.
  7. Masukkan air larutan tersebut ke dalam telur di dalam toples tadi. Karena air mengandung garam, telur jadi mengambang. Jadi kita perlu menindihnya dengan plasik yang sudah diisi air, letakkan di atas telur supaya telur tenggelam.
  8. Tutup rapat toples, biarkan hingga 2 minggu (14 hari) sudah bisa dikukus.
  9. Untuk hasil maksimal, dengan kuning telur lebih masir dan lebih berminyak, biarkan hingga 3 minggu. Lalu kemudian dikukus/dimasak.

Note:
*. Larutan cabe, bawang putih, dan jahe tidak dimasak dengan air panas, supaya rasa getir tajam dari bawang putih masih utuh, demikian juga untuk cabe dan jahenya.
**. Air 2 liter untuk merendam boleh memakai air yang sudah dimasak ataupun air mentah. Air haruslah dingin untuk disiram ke telur. Jangan takut gagal bila memakai air mentah, karena garam mampu melumpuhkan aktivitas bakteri. Sehingga tidak akan pernah banger.

0 Komentar