Fenomena Mukbang Telur Mentah di Youtube, Ternyata Pasteurisasi

Fenomena Mukbang Telur Mentah di Youtube, Ternyata Pasteurisasi
Tangkapan layar channel Youtube : SMILE SLIME

Fenomena video mukbang telur mentah telah banyak membuat banyak orang salah sangka dan salah kaprah. Karena pada dasarnya telur mentah itu "tidak sehat" mengandung milyaran bakteri salmonella yang dapat mengancam nyawa manusia!

Orang yang tidak tahu apa-apa, bisa saja meniru sang artis dan membiasakan mukbang telur mentah tersebut. 

Siapa saja yang memakan telur mentah yang di dalamnya selalu terdapat milyaran bakteri salmonella sangat beresiko untuk keracunan, mengalami sakit perut, hingga demam, hingga typus. Kalau jumlah telur mentahnya banyak bisa sangat fatal.

Sang artis di channel Youtube-nya menulis judul "raw egg" hanyalah trik untuk menggiring lebih banyak penonton yang penasaran. Sang artis tidak mendeskripsikan arti "raw egg" yang sebenarnya.

Tentu saja sang artis tidak mau sakit dan tidak mau mengorbankan nyawanya hanya untuk menikmati telur yang dibilangnya mentah tersebut. 

Kenyataannya itu bukan benar-benar raw! Bukan benar-benar mentah. Terbukti sang artis tetap sehat dan masih hidup normal setelah memakannya.

Itu adalah telur "pasteurisasi", teman-teman semua. Telur yang bakterinya sudah dimusnahkan dengan cara pasteurisasi dengan tetap mempertahankan tekstur cair / mentahnya telur.




Mengapa Ada Orang Suka Konsumsi Telur Pasteurisasi?

Pertanyaan menarik nih. Banyak orang suka mengkonsumsi telur pasteurisasi dan bahkan lebih suka pasteurisasi ketimbang telur yang direbus. 

Karena rasanya unik. Lelehan kuning telurnya sensasi seperti makan mayonise, tapi beda karena berasa lebih gurih, lebih natural dan lembut.

Bisakah kita mem-pasteurisasi telur di rumah?

Sangat bisa. Cara mempasteurisasi telur di rumah ini prosesnya sangat mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus. Namun, Anda memerlukan beberapa alat tergantung pada bagian telur mana yang Anda pasteurisasi dan metode apa yang Anda gunakan. 

Ada banyak cara untuk mem-pasteurisasi telur. Pakai cara yang murah meriah menggunakan kompor dan panci bisa. Pakai cara yang mahal menggunakan sinar ultraviolet juga bisa.

Karna kita berada di rumah. Maka kita pilih saja cara mem-pasteurisasi telur mentah secara murah meriah menggunakan kompor dan panci.

  1. Masukkan telur utuh bersuhu ruangan ke dalam panci lalu isi dengan air dingin. 
  2. Panaskan telur dengan api sedang hingga 60C /140F. 
  3. Gunakan termometer digital untuk mengukur suhu air di panci secara tepat.
  4. Pertahankan telur secara konsisten pada suhu 60C /140F selama 3 menit, dengan kompor menyala kecil.
  5. Jika air mulai terlalu panas, tambahkan air dingin ke dalam panci. 
  6. Penting untuk menjaga telur pada suhu ini agar tidak matang. 
  7. Setelah 3 menit, masukkan telur ke dalam air es selama 5 menit agar telur tidak matang. 
  8. Gunakan telur yang sudah didinginkan segera atau simpan di lemari es untuk konsumsi esok hari.


Apakah aman untuk memakan telur pasteurisasi?


Aman. Sebanyak apapun sampai kenyang Anda makan telur yang sudah pasteurisasi, tetap aman. Namun tetap perhatikan tentang pedoman "sesuatu yang berlebihan dan melebihi kemampuanmu itu tidak baik".


0 Komentar